BLOGGER; MENGUBAH NASIB DENGAN MENYAPA DUNIA

Episode 1: 

Ngeblog; Melawan Seribu Orang Dalam Meraih Satu Tujuan





Mencari celah di tengah ribuan orang demi mendapat satu tujuan adalah kata-kata yang tepat untuk sebuah artikel berjudul "mendapatkan penghasilan lewat ngebog".

Dua tahun berlalu aku masih berkutat disini dengan posisi dan hasil yang sama. Kenangan akan dua tahun itu pun masih ada dalam benak saya. Kutak-katik hp yang beriringan sejalan dengan otak yang berpikir ekstra, seribu pertanyaan untuk satu kata "blogger" dan seribu semangat dari satu kata "uang" dengan harapan untuk satu tujuan "mengubah nasib".

Namun, kenyataannya saya masih di sini dan saya masih begini.. tidak ada yang berubah. Di saat teringat akan hal tersebut ingin rasanya berteriak mengubah arah air mata ini berjalan.

Sering saya abaikan tidur, menunda belajar, kadang absen kuliah, abaikan orang-orang didekatku bahkan mereka sebagai orang tuaku, hingga orang yang paling special dalam hidupku,   ... namun aku masih disini.


Teringat pertama kali kumendekapmu, memelukmu, meraba-raba hingga kucoba menunggangimu menjadikanmu harapan bahwa engkaulah segalanya bahwa engkaulah masa depan yang cerah itu, di dua tahun silam, lewat kata engkau puitiskan menarik dan membawaku ke dalam zona kehidupanmu.

Lewat mas Sugeng kau mulai nyalakan api dalam hatiku, membakar, menggertak, menggelora semangatku hingga di sela berpikir ekstra otakku berkhayal akan bangganya berpenghasilan sendiri lewat dirimu. Yaa....dua tahun silam, namun aku masih disini.

   

2 tahun silam....

Tak sejenakpun kusirnakan untuk beralih ke hal yang lain, tak sedetikpun kau jauh dari pikiranku, penuh waktuku yang olehmu selalu terisi dengan mimpi-mimpi indahnya singgasana pulau Dewata Bali. Kata demi kata kutuliskan hingga sebuah kalimat perlahan menghampirimu dan menyapa dunia; di situlah aku bangga. Letih lesunya bagaikan hujan penyejuk bumi. Namun aku masih di sini...
Dua tahun silam di saat kau hadir, kuhadirkan sebuah tanya; kenapa semua orang suka dan hoby sekali menulis, memposting artikelnya ke semua orang lewat internet?

Lalu olehku dengan memanfaatkan jaringan internet yang super canggih saat itu mencari tahu hingga akhirnya menemukan jawaban atas pertanyaanku di atas. ''Menghasilkan uang lewat blog", itulah sebuah artikel dalam sebuah blog milik Mas Sugeng yang aku bacakan waktu itu.

Dari artikelnya yang menggetarkan niatku itu dia berhasil menambah peserta bloger baru waktu itu meskipun blogernya adalah bloger pemula yaitu aku.

Baca juga:   Raih Penghasilan bersama hwiproduk.com


Dengan blog Mas Sugeng saya bisa menambah aktivitas baru di blogger; sebelum menulis hingga mempostingkan artikel saya jadikan sugeng.id sebagai panduan ngeblog saya.

Bangganya adalah ketika tulisanku "Tulisan pertamaku: Cinta Untuk Indonesia" tersebut telah diposting dan telah tersedia jika disearching melalui mesin pencari google, dan yang sombongnya adalah ketika tulisanku itu aku bagikan lewat akun facebook-ku kepada para facebooker yang notabene adalah kebanyakan teman saya sendiri.

Namun saya terlalu obsesi dengan artikel pertama saya waktu itu yaitu Hidup dengan cinta untuk indonesia hingga saya lupa dan malas untuk memulai menulis lagi. 
Berhari-hari kupandang hasil tulisanku itu dan akhirnya mujizat datang lagi dari blog mas Sugeng yang berhasil membuat saya move on dari keterobsesianku itu. 

Sungguh benar orang-orang bilang bahwa "if speakingg is silver, then listening is gold", dan penulis yang baik adalah pembaca yang luar biasa. Dua tahun silam di awal-awal saya memulai ngeblog, sebuah ide untuk artikel baru sangatlah sulit dan jarang singgah di kepalaku, saya sampai frustasi kenapa saya sampe begitu. Ternyata setelah saya pikir-pikir, saya mulai sadar bahwa aktivitas membacaku sangat jarang dan pengetahuanku masih rendah dan minim.

Setelah kesadaranku muncul akan membaca akhirnya aku memutuskan untuk mencoba mengisi hari dengan kalimat yang mengandung pengetahuan baru. Aktivitas membacaku yang kian hari kian bertambah porsi waktunya meringankanku dan bergegas memualai untuk menulis hingga sampai-sampai tulisanku penuh satu baku tulis dalam sebulan.

Punya artikel yang cukup tentunya hati sudah gak sabaran untuk memposting semuanya di blogger, tapi aku memutuskan untuk mengeditnya hingga tuntas dan benar-benar bagus. Artikel tersebuat adalah tentang kisah cinta yang sudah saya buat sinopsisnya di blog ini, silahkan klik Cinta; Senasib dalam seribu perbedaan jika mau baca sinopsis ceritanya.

Berbulan-bulan aku fokuskan perhatianku dalam menulis sampai aku mengabaikan niat dan nafsuku untuk membuka blog-ku Sampai suatu hari di saat tulisanku tepatnya novelku siap untuk dipublikasikan lewat blog-ku, sebuah kenyataan yang tidak bisa kuelakkan adalah bahwa aku seseorang yang hidup dan tumbuh dari sebuah keluarga yang penuh kekurangan; di hari yang kuinginkan untuk mempostingkan isi novelku, sesuatu terjadi di luar dugaanku dimana aku harus menjual hp-ku, akhirnya cerita novelku batal dipublikasikan

B. .e. .r. .s. .a. .m. .b. .u. .n. .g. . .